Pages

Selasa, 09 September 2014

Beberapa Fakta konyol seputar Manusia

Inilah Fakta-Fakta yang Konyol seputar Manusia
Tahukah anda?
1.Mengapa kentut kita Bau?
Tidak bisa dipungkiri lagi,bahwa kentut memang bau!Bau ini disebabkan oleh beberapa bakteri dalam sistem pernaan Anda yang menghaasilkan Sulfur (Belerang).Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda (Seperti makanan Telur,atau danging dan semacamnya),makin bau pula kentut anda.
Tahukah anda bahwa...
+ Setiap orang pasti kentut selama ia masih hidup.Bahkan ada orang yang baru saja meninggal pun masih bisa kentut,lho
+ Kentut tidak sama dengan Sendawa.Sendawa lebih banyak mengandung udara,sedangkan Kentut lebih banyak mengandung gas yang diproduksi oleh Bakteri.
2.Mengapa kita buang gas atau Kentut?
Setiap orang pasti pernah buang gas atau kentut.Kebanyakan orang buang gas sekitar 10-20 kali setiap hari.Gas ini disebabkan oleh dua hal,pertama sebagian kecil berasal dari udara yang ikut tertelan saat kita makan.Udara ini akan ikut masuk ke dalam saluran percernaan kita.Kedua,sebagian besar berasal dari makanan yang dipecah dan dicerna secara alami oleh bakteri di dalam tubuh.
3.Mengapa kentut kita mengeluarkan bunyi?
Bunyi kentut memang paling khas dan juga menjijikkan!Saat gas dikeluarkan melalui lubang anus yang sempit,terjadi getaran.Getaran inilah yang menimbulkan bunyi,sama halnya seperti anda meniup terompet.Nyaringnya bunyi kentut tergantung pada kecepatan gas yang dikeluarkan.
4.Mengapa air seni warnanya kuning?
Saat buang air kecil,perhatikan warna air kencing anda!Apakah jernih agak kekuningan atau kuning?Penyebab warna kuning pada air seni anda disebabkan adanya empedu.Empedu adalah zat kimia yang berfungsi untuk menghancurkan lemak didalam makanan kita.Empedu yang sesungguhnya berwarna kuning kehijauan.Ketika empedu mencapai ginjal,empedu akan dipecah menjadi Urobilin.Urobilin merupakan pigmen yang memberi warna kuning pada air seni.
     Air seni sebenarnya sebagian besar terdiri dari Air.Kepekatan warna kuning pada air seni dipengaruhi oleh banyak sedikitnya Air yang diminum oleh tubuh kita.Ketika kita meminum banyak air,warna Urobilin semakin encer.Akibatnya,air mani terlihat jenih kekuningan.Sebaliknya,jika sedikit air yang kita minum maka warna kuning daru Urobilin semakin pekat,sehingga air kencingmu terlihat lebih kunig.
5.Mengapa jika kita terluka,darah kemudian mengering?
Pernakah anda terluka hingga mengeluarkan darah?Darah itu lama-kelamaan akan membeku/mengering.Hal ini bertujuan untuk mencegah keluarnya darah terlalu banyak dan mempercepat pertumbuhan luka.Sesuatu yang berperan dalam pembekuan darah ini adalah Trombosit.
     Pernahkah anda mendengar istilah Trombosit?Ya,Jika anda sakit seperti Demam berdarah atau yang lain hingga dirawat di Rumah sakit,maka anda akan dicek kadar Trombosit dari tubuh anda.Trombosit merupakan bagian dari darah.Trombosit sangat kecil dan hanya dapat dilihat dari lensa mikroskop.
Ketika anda terluka dan berdarah,trombosit segera bergegas ke tempat luka.Trombosit begitu lengket,sehingga mereka saling melekat untuk menghentikan pendarahan.Kalsium,Vitamin K,dan Protein juga ikut bergabung bersama Trombosit untuk menutup luka.Darah yang kering ini akan mengeras menjadi keropeng.Setelah kulit yang terluka ini sembuh,keropeng akan mengelupas dengan sendirinya.

0 komentar:

Posting Komentar