Pages

Sabtu, 18 Oktober 2014

Kendaraan Tempur Pasukan Khusus (Ranpur Pasus)

RANPUR PASUKAN KHUSUS
Beda diudara,beda pula didarat.Ada beberapa syarat buat mencipta kendaraan tempur (Ranpur) bagi keperluan pasukan khusus.Bobot ringan,kecepatan melahap medan off road,dan kemampuan mengusung sejumlah pasukan serta perlengkapannya.
Itu tadi baru syarat utama,lainnya masih ada lagi.Kapasitas angkut BBM,makanan dan persediaan air bagi keperluan operasi jarak jauh juga mesti dipikirkan.
Tapi mencipta sebuah ranpur pasukan khusus tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.Ada beberapa ganjalan yang bisa membuat perancang pusing kepala.Untuk urusan kecepatan dan kelincahan misalnya.Tidaklah mustahil merancang ranpur yang bisa melesat atau berkelit selincah mungkin.Cuma sekarang persoalannya ranpue mesti pula mengusung sejumlah pasukan beserta perlengkapannya.Ini bisa berefek olah-gerak ranpur melorot.
Selain kapasitas angkut,urusan proteksi juga jadi ganjalan.Umumnya ranpur yang diciptakan minim sistem proteksi terhadap hantaman peluru lawan.Satu-satunya taktik bela diri menangkis hujan peluru musuh adalah kecepatan dan olah gerak tadi.Nah,situasi bakal jadi bertambah runyam tatkala ranpur menghantam ranjau darat.Rampung deh,nasibnya.
Namun segala masalah bukanlah tiada solusi.Praktisi strategi pertempuran punya pilihan untuk mengurangi bobot ranpur pasukan khusus.Solusi itu adalah melengkapi sekelompok ranpur dengan kendaraan suplai yang punya karakter lintas medan mumpuni.Kendaraan ini sering dinamai dengan mother hen.Truk ACMAT VLRA bersistem penggerak 4X4 buatan Prancis bisa jadi pilihan bagus suplai tadi.
Cuma taktik melengkapi dengan kendaraan suplai ternyata ada bahayanya juga.Bila lawan berhasil menghancurkan mother hen,alamat tamat pula riwayat pasukan khusus bermotor tadi.
Inilah beberapa Ranpurnya
1.Land Rover Defender/Perentie
Ini generasi penerus ranpur sepsial legendaris Land Rover Pink Panther.Setidaknya ada tiga pilihan varian untuk lansiran anyarnya.Tipe sasis pendek dan panjang ada empat roda.Atau sasis super panjang dengan enam roda penggerak.Versi yang disebutkan terakhir diberi nama Perentie.Dan ranpur iru jadi ciri khas pasukan SAS asal negeri kanguru.
DATA TEKNIS DEFENDER 110
(SASIS PANJANG):
Panjang 4,4 m;Lebar 1,8 m;Bobot 3 ton;Daya tempuh 563,2 km;Kecepatan maksimal 89 km/jam
2.ANOA
Kali ini Indonesia tidak mau kalah modernnya dengan Panser/Ranpur lainnya.Ranpur ini diproduksi oleh Pindad.Kendaraan ini dibuat untuk mengangkut personel,tapi ada varian lainnya yaitu untuk Ambulance,Kanon,Mortir,PBB,Recovery dan APC(Angkut personel).Dan kabarnya sudah diborong oleh negara tetangga kita yaitu Singapura dan Malaysia,tapi Irak sudah melirik Panser ini juga.Digadang-gadang biaya untuk 1 buahnya berkisaran 7-8 M untuk Standard atau tergantung variannya jika diisi berkisaran 11-12 M.
Data Teknisnya
Panjang 6 m;Lebar 2,5 m;Bobot 11 ton,14 ton (Combat);Awak 3 awak+11 Penumpang;Daya jelajah 600 km;Kecepatan maksimal 90 km/jam.
3.GAZ-3937 VODNIK
Salah satu andalan ranpur pasukan elit Rusia adalah Gaz-3937.Mantan biangnya Pakta Warsawa ini meracik Gaz dengann konsep modul.Artinya tiap bagian diatas sasis ranpur bisa diubah sesuai kebutuhan.Dari dimensinya,ranpur yang satu ini berbeda dengan yang lain.Seluruh bodinya tertutup lapisan anti peluru seperti Panser Anoa tadi.Kemampuan berenang digenangan air juga tak perlu ditanya lagi.Jadi pantas saja kalau Gaz-3937 sebenarnya bisa dijajarkan dengan panser V-150 asal AS dan panser Anoa.
Data teknis:
Panjang 6,1 m;Lbar 2,6 m;Bobot total 1,2 ton;Jarak jangkau 1.000 km;Kecepatan maksimal di jalan raya 110 km/jam
Bersambung

0 komentar:

Posting Komentar